Ikan Sashimo: Si ikan mungil kesukaan cipung

Wisatarea - Nama "ikan sashimo" mungkin sekilas terdengar seperti varian ikan untuk hidangan sashimi khas Jepang. Namun, ternyata ia adalah si mungil laut yang unik dan berharga asal negeri sakura tersebut. Mari mengenal lebih dekat sang bintang yang pernah viral karena Rayyanza Malik!

Imgsrc : Sumeks.co

Dari daun willow hingga kuliner:

Nama "sashimo" sebenarnya adalah pengadaptasian dari nama aslinya dalam bahasa Jepang, yaitu "shisamo" (シサモ). Arti harfiahnya adalah "willow fish", merujuk pada bentuk tubuhnya yang ramping dan memanjang, menyerupai daun pohon willow.

Meski mungil, shisamo dihargai karena rasanya yang lezat dan kandungan omega-3 yang tinggi. Dagingnya lembut, manis, dan memiliki aroma air laut yang khas. Ia biasa dinikmati dalam hidangan Jepang seperti sushi, sashimi, dibakar, maupun digoreng.

Si kecil yang istimewa:

Shisamo hidup di laut dingin sekitaran Jepang dan Korea. Panjang tubuhnya hanya sekitar 7-10 cm, dengan sirip punggung yang bercahaya terang di malam hari. Keunikan ini membuatnya dijuluki "firefly of the sea" (kunang-kunang laut).

Tangkapan shisamo umumnya sulit dan terbatas, sehingga harganya cenderung mahal. Kualitas terbaik bahkan bisa mencapai harga fantastis di pasaran. Kepopulerannya sempat melonjak setelah selebriti cilik Rayyanza terlihat menikmati ikan goreng shisamo.

Lebih dari sekadar rasa:

Shisamo bukan hanya nikmat, tapi juga kaya manfaat. Omega-3 dalam dagingnya berkontribusi pada kesehatan jantung dan otak. Kandungan kalsium, vitamin A, dan D juga baik untuk tulang dan penglihatan.

Di Jepang, shisamo dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Konsumsi shisamo saat festival Setsubun diyakini bisa mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Mencicipi sensasi sashimo:

Meski cukup langka, shisamo terkadang tersedia di restoran Jepang kelas atas atau toko ikan khusus. Harganya bervariasi tergantung kualitas dan musim.

Di rumah, shisamo dapat diolah dengan cara sederhana: digoreng tepung, dibakar dengan saus tare, atau dijadikan topping sashimi. Rasa dan teksturnya yang unik dijamin akan memanjakan lidah Anda.

Ikan sashimo, si ikan mungil dari kedalaman Jepang, tidak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga kisah tentang harmoni alam dan budaya. Jadi, lain kali Anda menemukannya, cobalah cicipi dan rasakan sensasi unik dari "kunang-kunang laut" ini!

Artikel ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan informasi seperti:

  • Resep sederhana untuk mengolah shisamo di rumah.
  • Penjelasan lebih dalam tentang festival Setsubun dan kepercayaan terkait shisamo.
  • Perbandingan shisamo dengan ikan kecil lainnya seperti ikan teri atau ikan silverfish.
  • Tips memilih dan menyimpan shisamo dengan baik.

Saya harap artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mengenal lebih dekat ikan sashimo yang unik dan istimewa!

Posting Komentar untuk "Ikan Sashimo: Si ikan mungil kesukaan cipung"

http://offers.propellerads.com/api/v1/ads/6981403/?auth=426d245523f94b2835e3958937fb78b22db368c0&ua={UA_of_the_user}&ip={IP_of_the_user}&var={Request_variable}
http://offers.propellerads.com/api/v1/ads_open_rtb/6981387/?auth=95fee19c982653e4b1753fdcf5342e177ed32141