Burayot: Manis Legitnya Kue Tradisional Khas Garut

Wisatarea - Burayot, jajanan tradisional asal Garut, Jawa Barat, menawarkan sensasi rasa manis legit yang tak terlupakan. Dinamakan burayot, yang dalam bahasa Sunda berarti "bergelantungan", kue ini memang disajikan dengan cara unik, yaitu digantungkan pada bambu kecil. Bentuknya yang bulat lonjong, sedikit keriput, dan berwarna kecokelatan, menjadikan burayot jajanan yang khas dan menarik untuk dicoba.

Imgsrc : Wikipedia

Sejarah dan Asal Usul

Sejarah burayot terhubung erat dengan kisah Nyimas Ratu Ayu Pugerwangi, istri Prabu Kiansantang dari Kerajaan Padjajaran. Konon, Nyimas Pugerwangi menciptakan burayot sebagai simbol kesetiaan dan pengabdiannya kepada sang suami. Kue ini pun menjadi hidangan istimewa dalam berbagai acara adat dan tradisi di Garut.

Bahan dan Cara Pembuatan

Bahan utama burayot adalah tepung beras, gula merah, dan minyak kelapa. Tepung beras dicampur dengan air dan gula merah cair, kemudian diuleni hingga adonan tercampur rata. Adonan dibentuk bulat lonjong dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan.

Proses pembuatan burayot terbilang unik. Adonan yang telah digoreng tidak langsung diangkat, melainkan dibiarkan "bergelantungan" pada batang bambu kecil. Cara ini menghasilkan tekstur burayot yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Cita Rasa dan Varian

Burayot memiliki rasa manis legit yang khas dari gula merah. Kini, burayot hadir dengan berbagai varian rasa, seperti cokelat, wijen, keju, jahe, dan kacang tanah. Varian rasa ini semakin menambah variasi dan pilihan bagi para penikmat burayot.

Lokasi dan Harga

Burayot mudah ditemukan di berbagai daerah di Garut, terutama di kawasan wisata Candi Cangkuang, Leles, Kadungora, dan Wanaraja. Harganya pun relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- per bungkus.

Burayot: Simbol Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Garut

Burayot tidak hanya menjadi jajanan tradisional yang lezat, tetapi juga simbol kuliner khas Garut. Kue ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Garut. Burayot tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa kenangan akan kearifan lokal dan kekayaan budaya Garut.

Tips Menikmati Burayot

Burayot dapat dinikmati langsung atau dicampur dengan secangkir teh hangat. Sensasi manis legit burayot akan semakin terasa saat dinikmati bersama keluarga dan teman.

Kesimpulan

Burayot, dengan cita rasa manis legit dan penyajiannya yang unik, merupakan jajanan tradisional khas Garut yang wajib dicoba. Rasanya yang lezat dan berbagai variannya menjadikan burayot pilihan kuliner yang tepat untuk dinikmati sendiri maupun bersama orang terkasih.

Posting Komentar untuk "Burayot: Manis Legitnya Kue Tradisional Khas Garut"

http://offers.propellerads.com/api/v1/ads/6981403/?auth=426d245523f94b2835e3958937fb78b22db368c0&ua={UA_of_the_user}&ip={IP_of_the_user}&var={Request_variable}
http://offers.propellerads.com/api/v1/ads_open_rtb/6981387/?auth=95fee19c982653e4b1753fdcf5342e177ed32141