Nasi Liwet Solo: Cita Rasa Gurih Khas Kota Bengawan

Wisatarea - Nasi liwet, hidangan sederhana namun kaya cita rasa, merupakan kuliner khas Kota Solo, Jawa Tengah. Berbeda dengan nasi liwet dari daerah lain, nasi liwet Solo memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya begitu digemari.

Imgsrc : Kompas.com

Sejarah dan Asal Usul

Asal usul nasi liwet Solo masih simpang siur. Ada yang menyebutkan berasal dari Desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo, yang pada awalnya dijual sebagai makanan biasa. Sementara cerita lain menyebutkan nasi liwet sering dijumpai dalam acara Maulid Nabi.

Ciri Khas yang Memikat

Nasi liwet Solo umumnya menggunakan nasi putih yang dimasak dengan santan, garam, serai, dan salam, sehingga menghasilkan aroma dan rasa gurih yang khas. Hidangan ini disajikan dengan lauk pauk yang melengkapi kelezatannya, di antaranya:

  • Sayur labu siam: Irisan labu siam yang dimasak dengan bumbu khusus, menambah kesegaran dalam setiap suapan.
  • Suwiran ayam opor: Ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah, menciptakan cita rasa gurih dan sedikit manis.
  • Areh: Olahan santan kental yang gurih dan legit, menjadi pelengkap nasi liwet yang nikmat.

Selain itu, beberapa warung nasi liwet Solo juga menawarkan lauk tambahan seperti telur pindang, sayap ayam, dan kepala ayam.

Penyajian Unik dan Lokasi Populer

Nasi liwet Solo biasanya disajikan di atas daun pisang, menambah aroma dan sensasi tersendiri saat dinikmati. Anda dapat dengan mudah menemukan nasi liwet Solo di berbagai warung makan, terutama di malam hari. Beberapa warung nasi liwet legendaris di Solo yang wajib dicoba antara lain:

  • Nasi Liwet Wongso Lemu: Terletak di Jalan Teuku Umar, legendaris dengan nasi liwet gurih dan lauk pauk yang lengkap.
  • Nasi Liwet Yu Sani: Berlokasi di Jalan Veteran, terkenal dengan porsinya yang mengenyangkan dan sambalnya yang pedas menggigit.
  • Nasi Liwet Bu Sri Ps. Gedhe: Warung sederhana di Jalan Suryopranoto yang menawarkan nasi liwet dengan cita rasa otentik Solo.

Menikmati Nasi Liwet Solo

Nasi liwet Solo disantap dengan cara diaduk bersama lauk pauknya, sehingga bumbu dan aroma menyatu dalam setiap suapan. Anda dapat menambahkan sambal untuk menambah sensasi pedas dan nikmati nasi liwet Solo dengan secangkir teh hangat.

Kesimpulan

Nasi liwet Solo, dengan kesederhanaan dan cita rasanya yang gurih, mampu menggoyang lidah penikmat kuliner. Kuliner ini tidak hanya menawarkan kelezatan, tetapi juga menjadi warisan budaya dan kearifan lokal Kota Solo yang patut dilestarikan.

Posting Komentar untuk "Nasi Liwet Solo: Cita Rasa Gurih Khas Kota Bengawan"

http://offers.propellerads.com/api/v1/ads/6981403/?auth=426d245523f94b2835e3958937fb78b22db368c0&ua={UA_of_the_user}&ip={IP_of_the_user}&var={Request_variable}
http://offers.propellerads.com/api/v1/ads_open_rtb/6981387/?auth=95fee19c982653e4b1753fdcf5342e177ed32141