Nasi Megono: Sajian Sederhana Penuh Cita Rasa Khas Pekalongan

Wisatarea - Pekalongan, kota di pesisir utara Jawa Tengah, terkenal dengan batiknya yang indah. Namun, kekayaan kulinernya tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satu hidangan khas Pekalongan yang wajib dicoba adalah nasi megono.

Imgsrc : Endeus TV

Apa itu nasi megono?

Nasi megono adalah hidangan sederhana yang terbuat dari nangka muda yang dicincang halus, dicampur dengan kelapa parut, dan bumbu rempah-rempah. Rasanya gurih, pedas, dan sedikit manis, dengan aroma khas kelapa yang menggoda.

Sejarah dan asal-usul

Asal-usul nasi megono tidak diketahui secara pasti. Namun, konon hidangan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan makanan rakyat yang sederhana. Kata "megono" sendiri berasal dari bahasa Jawa, "mego" yang berarti nangka muda dan "ono" yang berarti ada.

Cara penyajian

Nasi megono biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, tempe orek, tahu goreng, ikan asin, dan sambal. Ada juga yang menambahkan telur balado atau sate telur. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan segar dari berbagai lauk pauk ini membuat nasi megono semakin lezat.

Keunikan dan daya tarik

Keunikan nasi megono terletak pada bahan utamanya, yaitu nangka muda. Nangka muda memiliki tekstur yang khas dan rasa yang sedikit pahit. Namun, setelah diolah dengan bumbu rempah-rempah dan kelapa parut, rasa pahit tersebut hilang dan digantikan dengan rasa gurih dan pedas yang lezat.

Nasi megono juga memiliki daya tarik tersendiri karena mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat. Hidangan ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Pekalongan dengan harga yang terjangkau.

Tempat menikmati nasi megono di Pekalongan

Jika Anda ingin mencicipi nasi megono di Pekalongan, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

  • Nasi Megono Bu Suli
  • Warung Makan Nasi Megono Pak Bon
  • Lesehan Nasi Megono

Kesimpulan

Nasi megono adalah hidangan khas Pekalongan yang sederhana namun lezat. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan segar dari nasi megono dan lauk pauknya akan membuat Anda ketagihan. Jika Anda berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi hidangan istimewa ini.

Tips

  • Nasi megono bisa disimpan di kulkas selama beberapa hari.
  • Jika ingin membuat nasi megono sendiri, Anda bisa menggunakan nangka muda yang masih segar dan belum terlalu matang.
  • Anda bisa menambahkan atau mengganti lauk pauk sesuai selera.

Posting Komentar untuk "Nasi Megono: Sajian Sederhana Penuh Cita Rasa Khas Pekalongan"

http://offers.propellerads.com/api/v1/ads/6981403/?auth=426d245523f94b2835e3958937fb78b22db368c0&ua={UA_of_the_user}&ip={IP_of_the_user}&var={Request_variable}
http://offers.propellerads.com/api/v1/ads_open_rtb/6981387/?auth=95fee19c982653e4b1753fdcf5342e177ed32141